Selasa, 08 Februari 2011

Contoh RPP Sejarah SMA

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
 (RPP)

Mata Pelajaran           :  Sejarah
Sekolah                       :  SMA Islam Al Mujaddid
Kelas /Semester         :  X  /  1
Pertemuan ke             :  1
Alokasi Waktu           :  1 X 45 Menit
Standar Kompetensi  :  Memahami prinsip dasar ilmu sejarah.
Kompetensi Dasar     :  Menjelaskan pengertian dan ruang lingkup ilmu sejarah.

Indikator                     :   1. Menjelaskan pengertian sejarah.
                                        2. Menjelaskan kegunaan sejarah.

I. Tujuan Pembelajaran :
    Setelah proses belajar mengajar selesai diharapkan :
Ø      Siswa mampu mendeskripsikan pengertian sejarah.
Ø      Siswa mampu mendeskripsikan ciri-ciri utama sejarah.
Ø      Siswa mampu mendeskripsikan kegunaan sejarah.

II. Materi Ajar :
Ø      Pengertian sejarah.
Ø      Kegunaan sejarah.

III. Metode Pembelajaran :
Ø      Kombinasi Metode Pembelajaran.

IV. Langkah-langkah Pembelajaran :
1.    Kegiatan awal :                                                                                     
  1. Apersepsi : Guru memperkenalkan mata pelajaran sejarah kepada siswa dan memberikan pengarahan tentang pelajaran sejarah yang akan dipelajarinya. Guru juga menjelaskan kompetensi dasar dari materi pokok perlajaran yang akan diajarkannya.

  1. Motivasi :
Ø      memberikan dorongan kepada siswa agar dapat memahami lebih luas lagi tentang hakikat dan ruang lingkup ilmu sejarah dan lebih aktif untuk mencari sendiri  serta dapat membandingkan materi tersebut antara buku yang satu dengan buku yang lainnya.

2. Kegiatan Inti :                                                                                           
  1. Eksplorasi :
Ø      Guru menjelaskan materi pokok pelajaran tentang hakikat dan ruang lingkup ilmu sejarah.
-          Mendeskripsikan pengertian sejarah.
-          Mendeskripsikan ciri-ciri utama sejarah.
-          Mendeskripsikan kegunaan sejarah.
Ø      Guru membentuk kelompok dan memberikan materi diskusi kepada setiap kelompok untuk didiskusikan dengan kelompoknya masing-masing secara kooperative.
Ø      Kelompok mengemukakan hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan.
Ø      Kelompok menyerahkan kepada guru hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan. 

B. Konsolidasi Pembelajaran :
Ø      Siswa mampu mendeskripsikan pengertian sejarah.
Ø      Siswa mampu mendeskripsikan ciri-ciri utama sejarah.
Ø      Siswa mampu mendeskripsikan kegunaan sejarah.
Ø      Siswa mampu mengemukakan hasil diskusi serta mengemukakan pendapat-pendapat yang berhasil ditemukan dalam diskusi tersebut.
Ø      Siswa mampu merumuskan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan kelompok lainnya dalam diskusi tersebut.


C. Pembentukkan sikap dan perilaku :
Ø      Siswa dapat menunjukkan sikap dan perilaku baik dalam berdiskusi dan bekerja kelompok.
Ø      Siswa dapat berdiskusi dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

3. Kegiatan akhir.
     A. Refleksi :
Ø      Guru memberikan kesimpulan tentang penjelasan materi pokok pelajaran
Ø      Guru memberikan kesimpulan tentang hasil diskusi yang dilaksanakannya.

  B. Penilaian :
Ø      Kognitif yaitu melalui pertanyaan lisan maupun tertulis
Ø      Afektif yaitu melalui keseriusan siswa untuk mengetahui berbagai masalah yang terjadi di dalam pelajaran sejarah dengan cara bertanya tentang materi yang belumj jelas dipahaminya.

     C. Penugasan :
Menugaskan masing-masing siswa untuk membuat rangkuman dari beberapa buku yang terkait dengan materi pelajaran yang dibacanya atau materi pokok pelajaran selanjutnya.


V. Alat / Sumber belajar :
Ø      Alat                 : -
Ø      Sumber            : Buku Sejarah Indonesia untuk SMA Kelas X, I Wayan Badrika,
                                Penerbit Erlangga
                                Buku Sejarah Kebudayaan Indonesia Indonesia Jilid 1, R.
                                Soekmono, Penerbit Kanisius.
                                Buku Sejarah Nasional Indonesia, Nugroho Notosusanto, dkk.
                                Depdikbud.

VI. Penilaian : Butir soal.
Ø       Jelaskanlah pengertian sejarah ?.
Ø       Jelaskanlah ciri-ciri utama sejarah ?.
Ø       Jelaskanlah kegunaan sejarah bagi bangsa Indonesia ?.


Mengetahui,                                                                 Sabang,      Juli 2010
Kepala SMAI Al Mujaddid                                            Guru Mata Pelajaran,



M. RIDHA, M.Pd                                                         SYAMSUL QAMAR, S.Pd
NIP.                                                                             NIP. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar